Menentukan Jenis Pensil (Part II)

Postingan ini lanjutan dari sini, sob...

Lanjutinnya langsung aja dah, kita bakal bahas juga tentang pensil selain pensil graphit atawa pensil yang umum kita kenal dan kira pake buat nulis, etc.

1. Pensil Seri EE dan EB. Setau gw sih, ini seri ada di Staetdler, kalo Faber Castell kaga ada. Ini itemnya lumayan, sob, lunak juga. Kaga kalah ama pensil areng, cuman untuk yang EE agak susah buat di blend, dan cenderung menyisakan bintik-bintik kosong alias kaga bisa rata banget pas kita ngarsir di kertas. Jadi kalo misal kertas lo kasar, mending kudu sabar, kalo engga arsiran lo kaga bakal bisa alus. Kalo gw buat ngakalinnya ya abis pake EE atawa EB, gw timpa pake 8B. Hasilnya lumayan lah.

2. Pensil arang/charcoal. Pensil jenis ini bisa dibilang primadona bagi sebagian artist dan sketser. Kenapa? Karena hitamnya kerasa bingitz!! Gampang buat di blend dan gampang buat diapus. Tapi kekurangannya kalo kaga biasa pake pensil model ini gambar lo bakalan belepotan karena arang ini mudah menyebar dan lunak, gampang nempel di tangan dan benda laennya. Jadi kudu ati-ati banget. Cocok banget di blend atau dusel pake kapas atawa kuas yang lembut biar arsiran rata. Cocok juga buat ngeblok background yang berwarna gelap, soalnya kalo pake pensil graphite biasa lo bakalan ngabisin banyak waktu di situ. Charcoal ini ada juga yang batangan (kaga berbentuk pensil yang dibungkus kayu. Jadi ya emang areng
batangan ). Trus tingkat kekerasannya juga ada lagi, kalo ga salah light, medium, ama hard (artiin sendiri :p). Idealnya sih kalo udah pake pensil jenis ini kudu aplikasiin fixative (yang bikin awet goresan pensil di kertas, semacam spray khusus) jadi warna gak pudar dan gambar gak ilang-ilang. Ntar gw bikinin postingan soal fixative deh. Trus juga warnanya kalo ga salah cuman ada 2, yaitu item ama putih.


3. Pensil-Pensilan. Pensil jenis ini kaga bisa dipake gambar, sob. Karena bukan pensil beneran :p

1 comment:

  1. hai kak, mau nanya nih.. kakak dapat pensil EB & EE dimana?? Saya sudah cari dan tidak ketemu..

    ReplyDelete