Alternatif Fixative Untuk Lukisan Pensil

Khusus artis yang kantongnya cekak kaya gw, pemilihan alat-alatga lukis yang ekonomis  dan efisien tuh penting banget.
Misalnya aja nih, buat gantiin blending stump ato tortillon yang lumayan mahal buat kertas yang digulung doang, gw gantiin sama kapas ato tisu. Itu udah lebih dari cukup. Begitu juga dengan fixative alias bahan yang dipake buat ngawetin hasil lukisan pensil kita.

Hasil lukisan pensil semakin lama bakal semakin pudar kalo dibiarkan, entah karena nempel di benda lain, atau karena kelembaban, dll. Maka dari itu perlu fixative buat bikin goresan pensil tetep nempel bagus di kertas.

Kalo di pasaran ada berbagai merek fixative dan mayan mahal, kisaran 50ribu sampe ratusan ribu, gw cukup pake cat semprot atau pernis yang transparan (clear). Yang pernah gw pake merek Suzuka ama Pylox. Harganya mayan murah. 20ribuan sekaleng.



Berikut cara pengaplikasiannya.

1. Kocok dulu kalengnya, coba semprotin ke sembarang arah buat ngecek nozzle ga buntu. Kalo buntu ato kesendat2 bisa ga enak, bakal ada gumpalan di kertas ntar2nya.
2. Bersihin dulu lukisan lo dari segala kotoran debu, atau yg lain.
3. Kalo udah siap, semprotin dah ke lukisan lo. Jarak jangan deket2 (30senti an), semprot dengan merata. Tipis aja dulu, baru kalo udah kering, ulangi lagi. Soalnya kalo terlalu basah, ntar bisa bikin kertas kisut, keriting. Gak asoy kan...


Penggunaan fixative kek gni, menurut gw bisa bikin lukisan pensil lo lebih kontras warnanya. Yang awalnya itemnya nanggung, jadi agak tajem, juga bisa ngurangin efek glare alias mantulin cahaya dari pensil graphit. Trus kertas jadi lumayan kaku dan ga gampang kusut.

Udah, gitu aja.  moga bermanfaat

6 comments:

  1. Itu kalo krtasnya digulung g bkin rusak gan. Klo pake clear?

    ReplyDelete
  2. Kalo gua tortillon bikin sendiri gan. Kertas hvs aja di gulung gitu tapi ujungnya lancip. Kalo engga sih pake tisu, cuman kalo pake kapas di gua hasilnya kurang ( jadi kaya ada buluk nya gitu), dan gampang ngebaur kalo ke sentuh. Btw thx gan ilmunya

    ReplyDelete
  3. Kalo kertas habis di print,apa gak rusak gambarnya??

    ReplyDelete