Dasar Menggambar Menggunakan Pensil



Selamat akhir pekan, Penduduk...

Oke, berhubung gw juga baru beberapa bulan ini belajar soal menggambar pake pensil khususnya untuk gambar wajah, jadi dengan postingan ini, sekalian juga gw belajar lagi. hehehe. Ibarat orang ujian nyontek, ya sebenernya meskipun bikin contekan, sedikit banyak pasti dia udah baca juga :p

Mmm....
Mulai dari alat tempur yang bakalan kita perluin dulu aja kali ya..

Jadi gini, Sob, kalo mau menggambar pasti harus ada media, ga mungkin engga, masa mau diangan-angan aja, emangnya kenangan :D Paling engga ente kudu punya pensilnya, kertas, penghapus, kapas/ tissue/korek kuping (cotton buds) sama rautan. itu aja dulu. Masalah kualitas alat, ntar dulu aja lah. Yang penting niatnya dulu...

  1. Pensil. Pensil buat menggambar banyak banget jenisnya, ada seri B, E, H (Jangan lupa ada komanya itu, sob), ada juga seri F, Charcoal, Konte dan lain-lain. Paling engga kalo ente mau gambar lumayan dinamis, kudu pake minimal 3 jenis pensil, bisa HB, 2B dan 5B ke atas untuk keperluan shading atau ngasih efek gelap terang. Untuk Jenis-jenis pensil, lo bisa klik tautan ini buat pengetahuan lo.
  2. Kertas. Pakai kertas gambar. Jangan kertas print biasa ukuran 70 atau 80 gsm, takutnya baru digores beberapa kali udah lecek. Ukuran dan harga juga macem-macem. Kalo gw sih biasanya yang murah aja, Kiky atau Lyra udah cukup lah. Kalo mau lebih hemat lagi, pake kertas BC yang ukuran A0 trus dipotong2 sesuai selera, jadi lebih murah dan efisien, cuman untuk kualitas kertas itu ya standar lah, jangan berharap lebih (menurut pengalaman gw sih).
  3. Penghapus. Gunanya ya buat ngehapus kalo ada salah gores. Sebenernya sih dalam menggambar fungsi utama penghapus bukan itu, tapi untuk membuat efek terang atau istilah kerennya highlight. Tapi untuk pemula, kayanya masih wajar kalo penghapus dipakai untuk keperluan koreksi garis yang salah. Gw pun kadang kek gitu. *tabok*. Penghapus pun macem-macem jenisnya. Ntar deh gw kasih infonya, tapi gw nyari bahannya dulu dari internet :p
  4. Kapas/ tissue/korek kuping (cotton buds). Fungsi ini barang buat ngehalusin arsiran pensil lo pada. jadi setelah diarsir, kalo pengen alus ya digosok pake ini. Ati-ati, sob, kudu rata ngalusinnya, kalo engga dijamin gambar lo bakal jadi belang. Kecuali kalo lo emang mau gambar macan ato zebra :v
  5. Rautan. Buat nyambit kucing lewat. Fungsi utamanya buat runcingin pensil ente, atau juga buat kerokan pas ente masuk angin. 
Kalo udah ada semuanya, baru ente bisa mulai tuh coret-coret, sambil nunggu gw nyiapin postingan selanjutnya karena gw belom kepikiran mau posting apaan lagi.

Ntar kalo ada waktu gw sambung lagi.

Cabut dulu, sob. Cucian numpuk :D

0 comments:

Post a Comment